pucakwangi-pati

Batman Begins - Diagonal Resize 2

Jumat, 04 April 2014

instalasi ubuntu di laptop

Bismillahirrahmanirrahim
Alhamdulillah bisa sedikit share dan ketak ketik..
ini yang saya alami saat pertama kali install ubuntu 11.10 di laptop Acer Aspire 4752G yang baru saja saya beli..
langkah pertama yang saya lakukan adalah membuat Live USB dengan menggunaka UNetbootin.  Apa itu Live USB? singkatnya membuat booting OS dengan menggunakan flash disk (atau HD eksternal).
Apa saja yang dibutuhkan buat bikin live USB??? simpel aja si..cuma:
- Flash Disk kosong, size minimal 1 GB. disini saya pake 2 GB
- File iso distro linux, kalo yang ini jelas pake ubuntu 11.10
- Software UNetbootin.
Untuk pengguna wndows: download file instalasi unetbootin-windows-latest.exe di situs UNetbootin, kemudian install.
Untuk pengguna Ubuntu dan keluarganya, buka synaptic package manager, cari unetbootin, install.
Nah setelah live USB ini jadi, barulah saya mulai install ubuntu di lepi cantik ini..
Instal pertama….deng deng deng deng ….gagal…malah minta lewat CD-ROM..
Install kedua…..deng deng deng deng …..gagal….tiba – tiba berhenti di tengah jalan..
Install ketiga…..deng deng deng deng ….gagal lagi….gejala sama dengan installan kedua..
Install keempat…jeng jeng jeng jeng….gagal maning…gejala sama dengan installan ke tiga..sayang gag q abadikan..
Installan ke lima….jreng jreng jreng jreng..pokok e gagal..sampe gregetan saya buat Live USB lagi pake bermacam – macam software..
Install lagi…tapi yg ini BIOS aq obrak abrik dulu (*ngikutin salah satu artikel*)…hasilnya enooolll….
Akhirnya keesokan harinya saya dengan dibantu oleh dosen saya yang ilmunya uda tingkat dewa menemukan sebuah artikel untuk menyelesaikan masalah ini..berikut ini ulasan ceritanya:
Booting dulu nanti muncul pesan berikut:

udevd [105]: timeout: killing ‘/sbin/modprobe -bv pci:v00008086d00000116sv00001025sd00000507bc03sc00i00′ [150]
Atau pesan eror lainnya..nanti keluar script kok…nah lo udah gitu booting aja lagi (hehhe)… kemudian saya melakukan booting ulang dengan menambahkan parameter boot: pci=noacpi
Hasilnya Ubuntu pun bisa berjalan normal hingga instalasi selesai.
nah kalau sudah sukses nanti jangan lupa untuk  mengeset parameter tersebut di grub agar Ubuntu yang telah dipasang bisa berjalan dengan baik (akan saya bahas di postingan selanjutnya) . karena waktu parameter tersebut belum di set maka tidak bisa booting ubuntu..^___^. Satu hal yang saya lakukan saat itu adalah selalu mengetikkah parameter pci=noapci saat akan menggunakan linux..dengan menekan tombol ‘e’ untuk edit dan menyisipkan parameter pci=noacpi sebelum kata quiet splash..^__^

0 komentar:

Posting Komentar